Sabtu, 20 Oktober 2012

TAUBAT,SYARAT DAN KEUTAMAANNYA


TAUBAT

       Manusia dilahirkan ke dunia dalam keadaan suci , bersih tanpa dosa.Namun seiring waktu manusia terpengaruh oleh lingkungannya dan bisikan hawa nafsunya , sehingga terjerumus ka dalam berbagai dosa , baik dosa besar maupun dosa kecil.Tidak ada manusia yang bisa terhindar dari dosa,namun sebaik-baiknya manusia adalah yang segera bertaubat dari dosanya.
Taubat memiliki arti: berhenti melakukan kemaksiatan dan kembali menuju ketaatan.  
       Di antara kita pernah berbuat kesalahan terhadap diri sendiri sebagaimana terhadap keluarga dan kerabat bahkan terhadap Allah. Dengan segala rahmatnya, Allah memberikan jalan kembali kepada ketaatan, ampunan dan rahmat-Nya dengan sifat-sifat-Nya yang Maha Penyayang dan Maha Penerima Taubat. Seperti diterangkan dalam surat Al Baqarah: 160
 "Dan Akulah yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."

Taubat hukumnya wjib bagi orang yang beriman
“Wahai orang-orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang sungguh-sungguh.” (QS. At-Tahrim : 8) 

Syarat agar taubat kita diterima:
1.Menyesali perbuatan dosa yang dilakukan
2.Berhenti dari perbuatan dosa tersebut.
3.Bertekad untuk tidak mengulanginya.
4.Apabila dosa tersebut berkaitan dengan hak orang lain , maka harus minta maaf kepada orang tersebut serta mengganti barang yang telah dirusak atau mengembalikan barang yang telah dicuri dsb.

Keutamaan Taubat :
Jika dosa tersebut berkaitan dengan hak anak Adam, maka ada satu hal lagi yang harus ia lakukan, yakni dia harus meminta maaf kepada saudaranya yang bersangkutan, seperti minta diikhlaskan, mengembalikan atau mengganti suatu barang yang telah dia rusakkan atau curi dan sebagainya. (1) Menyesal, (2) Berhenti dari dosa, dan (3) Bertekad untuk tidak mengulanginya. (1) Menyesal, (2) Berhenti dari dosa, dan (3) Bertekad untuk tidak mengulanginya. 1) Menyesal, (2) Berhenti dari dosa, dan (3) Bertekad untuk tidak mengulanginya. (1) Menyesal, (2) Berhenti dari dosa, dan (3) Bertekad untuk tidak mengulanginya. 1.Diampuni dosanya :
“Katakanlah: Wahai para hamba-Ku yang melampaui batas terhadap dirinya sendirinya, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah Mengampuni semua dosa dan Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az-Zumar: 53)

2.Dicintai Allah SWT
“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222)

3.Mendatangkan keberuntungan:
“Bertaubatlah kepada Allah, wahai orang-oran beriman sekalian agar kalian beruntung.” (QS. An-Nur : 31)

Batas Waktu Untuk Bertaubat: 

1.Sebelum Matahari Terbit dari barat
“Barangsiapa yang taubat sebelum terbitnya matahari dari arah barat maka Allah terima taubatnya.” (HR Muslim)

2.Sebelum nyawa sampai tenggorokan(sekarat)
 “Dan Taubat itu tidaklah (diterima Allah) dari mereka yang berbuat kejahatan hingga apabila datang ajal kepada seorang diantara mereka barulah dia mengatakan, ‘Saya benar-benar taubat sekarang.’” (QS. An-Nisa : 18)

Ya Allah berilah kami taufik agar senantisa bertaubat dengan sungguh-sungguh dan terimalah amalan kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha mengetahui.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar